Cara Mengatasi Tampilan Black Screen (Layar Hitam) di Windows

by - 8/06/2015

Masalah Black Screen di windows pernah gue alami pas kemarin sekitar 2 hari yang lalu, dan membuat gue bingung kenapa kok tiba-tiba layar laptop gue hitam gitu dan hanya cuman ada tampilan cursor doang.

Setelah gue bingung gak tau cara gimana cara atasinya, akhirnya gue mencari info atau cara biar layar laptop gue gak black screen lagi, pas gue lagi browsing tuh dan ternyata gue dapat caranya biar gue gak black screen lagi layar laptop gue,, untung ada juga di google, kalau gak bisa mampus gue gak tau gimana caranya.

dan setelah gue baca-baca tuh tutorial akhirnya laptop gue kembali lagi dengan sempurna, ternyata laptop gue atau salah satu software/driver yang gue install gak compatible ama OS windows gue, soalnya tuh gue saat itu upgrade ke windows 10. pada saat itu sih kalo gak salah gue install driver NVIDIA DRIVER yang lama yaitu driver Windows 8,1 yang gue pakai ternyata update tan yang lama.

Dan disini gue juga akan ngasih tahu gimana caranya biar baik lagi layar black screen laptop kalian ke sedia kala.. mau tau caranya ? lansung aje disimak postingan gue kali ini ya ?



Soalnya disini gue akan mengasih tau ada beberapa cara supaya Layar Black screen kalian tidak akan timbul lagi, yuk kita coba mengatasi masalah ini :

Cara pertama :

Apabila masalah black screen ini muncul setelah kalian baru saja melakukan instalasi software/applikasi atau update windows dan belum sempurna, maka untuk mengatasi hal ini silahkan uninstall programnya dengan cara seperti ini :

Hidupkan komputer/laptop kalian, tunggu layar black screen/layar hitam kalian tampil, login ke windows Sebagai Administrator tekan dengan tombol ( CTRL + ALT + DEL ). lalu pilih task manager, Klik More Detail pada windows kalian..

Pilih menu File > Run new task, lalu pada kotak dialog Create new task ketik appwiz.cpl
Nanti akan terbuka jendela Programs and Features, uninstall program yang kalian curigai penyebab masalah layar hitam.

Untuk kasus update Windows yang bermasalah, anda bisa uninstall melalui menu View Installed Update, klik kanan dan uninstall.

Selanjutnya kembali lagi ke Task Manager: pilih menu File > Run new task, pada kotak dialog Create new task ketik shutdown /r lalu Ok (restart)

Saya membaca referensi bahwa pada kasus tertentu, beberapa aplikasi seperti StartIsBack dan Lucid Virtu MVP, serta update Windows 8/8.1 terbaru seperti KB2982791 atau KB2975719, terkadang menimbulkan masalah pada windows jika tidak kompatible, sehingga windows tidak bisa dibuka (hang).


Cara Kedua :

Menonaktifkan App Readiness. Untuk kasus masalah layar hitam yang muncul hanya ketika restart komputer, hibernate atau logout (bukan pada saat pertama kali dinyalakan). solusinya sebagai berikut; setelah tampilan layar hitam muncul, biarkan saja dulu hingga kira-kira 10 menit, apakah muncul tampilan desktop atau start screen di komputer atau tidak.
Jika muncul tampilan desktop, tekan tombol ( Ctrl + Alt + Del ) lalu pilih ''Task Manager''. Pada Task Manager, pilih tab "Service" lalu buang centang pada App Readiness, lalu Restart komputer.


Cara Ketiga :

Gangguan juga bisa terjadi karena driver adapter komputer/laptop anda tidak kompatibel lagi dengan Windows kalian , Silakan coba dulu disable driver adapter-nya, atau mungkin dengan mengembalikan driver ke versi sebelumnya (lama).

Untuk caranya sebagai berikut; masuk ke Safe Mode, dengan cara pada tampilan layar hitam, lalu tekan tombol ( Shift + F8 ) hingga muncul tampilan Choose an Option.
Setelah tampilan Choose an Option muncul, pilih pengaturan Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart.

Selanjutnya pada saat proses restart tengah berjalan, langsung tekan tombol ( F4 ) untuk masuk ke Safe Mode. Pada posisi masuk safe mode, lalu login sebagai Administrator, buka Control Panel > System > Device Manager.

Pada jendela Device Manager, cari Display adapter, klik kanan nama driver tersebut, lalu disable. Anda juga bisa melakukan opsi roll back (mengembalikan) driver ke versi lama untuk masalah akibat dari update Windows, silakan cari di menu Properties, pilih tab Driver lalu Roll Back Driver. Terakhir restart.


Cara Keempat :

Untuk mengatasi black screen pada Windows , Microsoft menyediakan sebuah patch yaitu update KB2756872, anda bisa cari di google tentang kemampuan patch ini, mana yang cocok dengan versi terbaru.
Mungkin cuman itu dulu buat postingan gue kali ini, moga bermanfaat ye untuk kalian semua.. Sampai jumpa di postingan gue selanjutnya

You May Also Like

32 comments

  1. Kak, waktu aku pencet ctlr+ alt+ del gak keluar apa".. Gimana dong kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sempet seperti itu, tapi coba kamu masuk ke safe mode yang cara ketiga itu..
      mungkin bisa, soalnya saya udah nyoba dengan cara masuk ke safe mode di windows.. :D

      Hapus
    2. Bro...kok gua gk bs masuk ke safe mode ya???

      Hapus
    3. Bro...kok gua gk bs masuk ke safe mode ya???

      Hapus
  2. Ane udah pake semua cara di atas tapi ko ga work ya gan???.. .mohon pencerahannya ....tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya work. kok bro. coba di pakek cara ke tiga
      gue sempat ga work juga cara pertama sama cara ke dua. terus pas gue pakai cara ketiga eh tiba-tiba work.. =D

      Hapus
  3. Itu kalo berhasil jadi Windows 10 apa jadi Windows 8.1 lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tergantung dari windows nya lu bro, kalau windows lu windows 8.1 yang kena black screen. terus lu baikin. ya bakalan tetap ke windows 8.1 kok.
      kalau jadi windows 10 ya di install ulang aja.

      Hapus
    2. mas bro, cara ke 3 ga bisa ane execute nih.. udah pencet shift + f8 ga keluar apa apa.. ane abis update windows 7 ke 10 tapi malah black screen.. help me please

      Hapus
    3. di coba lagi bro. pas nge restart/ hipupkan PCnya tekan Shift + F8 cepet-cepet bro. ntar bakalan masuk ke safe modenya kok.. :)

      Hapus
    4. bro kalau punya gue ni gimana ? kejadiannya sama habis update win 8 ke win 10.tetapi pas udh selesai instalnya malah black screen gk da respon Ctr+Alt+Del , task manager sma di safe mode. cuman bisa win+enter keluar narrator.
      please help me .

      Hapus
  4. Klo gk da task manajerx gmn bang? Mohon infonya please sekarang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga ada task managernya, coba dengan cara lain bro. yang sering gue lakukan kalo ga berhasil. ya gue coba yang cara ketiga, eh tau2nya berhasil. lu coba aja cara yang ketiga bro. Paasti Bisa kok :) :D

      Hapus
  5. Mksh sob brkt cra yg prtama lptp saya kmbli nrml

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sama-sama sob. gue ikut senang bisa membantu orang dengan berbagi tutorial di blog gue ini :) =D

      Hapus
  6. bro kalo ane udah upgrade dari wind 7 ke wind 10, setelah beberapa hari (Seminggu) ada yang error seperti menu setting wind 10 sama app store menunya diklik nggak nongol nongol bro, terus di shutdown juga ga ngerespond dech, akhirnye gue mati in tombol powernya selama 5 detik (dimatikan paksa). dan itu berulang sebanyak -+ 5 x, dan akhirnye black screen, aku coba dari ketiga cara diatas kagak bise. solusinya dong cuy. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu jalan keluarnya lagi biar ga seperti itu ngak terulang lagi, mendingan di install ulang aja mbak ke windows 10nya lansung, jadi biar enak ga ada error2 lagi, kalo upgrade emang seperti itu kadang2 di windows nya.. 😄

      Hapus
  7. coba pake cara pertama, tapi pas masuk ke control panel, klik control panel home, terus cari troubleshooting, terus check sistem ntar ada tulisan wUpdate, klik terus klik klik sesuai petunjuknya langsung restart pake task manager selesai, makasi membantu banget bro
    tapi gw gak bisa pake cara 1,2,3 gw cari jalan keluar dan ketemu akhirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sip bro kalau udah bisa, senang membantu anda kembali. Hehe

      Hapus
  8. bang, laptop gue update dari win8 ke win8.1 terus setelah selesai layar jdi blank. saya coba ngelakuin seperti yg abang bilang. nomor 1-2 ga bisa. tpi bisa ke safe mode. tpi cara ke3-4 juga ttp ga bisa bang. pas yg klik kanan di display adapter, ga ada tulisan disable bang. dan pas klikyg properties ga ada juga untuk nge rollback nya. itu harus gimana bang? kalau bisa secepatnya ya bang. bisa di invite bbm saya 5958948A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lu update nya dari win 8 ke win 8.1 nya di inul atau ngak?
      Biasanya setiap baru inul windows pasti ga akan black screen.. kalau ada pun pasti ada salah satu driver atau software yang tidak cocok dengan windows nya :)

      Hapus
  9. Gan laptop ane gmna nih .. Udh d pake smua cara d atas gk work .. Pas ane nyalain cman layar hitam doank, ane pencet² gk kluar apa²

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan satu-satunya di install ulang bro, jangan lupa pas install ulang masuk ke biosnya dulu...

      Hapus
  10. mas mau nanya nih,kan layar laptop saya jdi hitam semua kan gara2 update windows yg bermasalah,di cara satu nyelesainnya dengan uninstall menu view installed update,itu menunya ada dimana ya mas?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus

  11. Sempet bingung nih laptop black screen ..
    But, problem solved ..
    Thanks buat pencerahan nya ..
    Ijin share ya, linknya jelas artikel ente ini, gak copas ..

    BalasHapus
  12. Berhasil pake cara kedua. thanks berat.

    BalasHapus
  13. wuhuu makasih kak. laptop aku udah nggak blankscreen lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2, selamat ya udah ga black screen lagi. sorry baru bales :D

      Hapus

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan ... KODE ...
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan ... KODE ...
Untuk menyisipkan gambar, gunakan ... URL GAMBAR ...

Rules :
-DONT SPAM
-DONT FLOOD
-DONT PORNO
-DILARANG NGEMIS/MINTA TEMPLATE IFFAT BLOGGER
-DILARANG BERKOMENTAR DENGAN KATA AGAN.
-BILA ANDA INGIN MENDAPATAKAN INFO YANG TERUPDATE GAME PC DI BLOG INI SILAHKAN FOLLOW BLOG INI
-GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN DAN BERETIKA
-FOLLOW BLOG INI MAKA SAYA AKAN FOLLBACK